Sobat khoir, sebelumnya kami telah posting
artikel tentang Ilmu Shorof, yaitu Bentuk Fiil Amar Hadlir, Isim Fail, SifatMusabbahat, Isim Maf’ul dan Isim Mubalaghoh. Berikut ini ilmu sorof. Bab
Kesembilan yaitu Tashrif lughowidan lafadz bina' shohih. Harapan kami semoga bab ini dapat
mempermudah pemahaman kami dan juga bagi pembaca semua. Namun sebelumnya kami
mohon maaf bila dalam penyusunannya masih terdapat banyak kekurangan, karena
kami juga masih dalam tahap belajar. Oleh karena itu kritik dan saran yang
membangun senantiasa kami harapkan.
PEMBAHASAN
A.
Tashrif lughawi
1.
Pengertian tashrif lughowi
Pada dasarnya
tashrif lughowi artinya mutlaqnya perubahan. Namun yang dimaksud disini ialah
perubahan bentuk kalimah satu kebentuk kalimah lain memandang pada mufrod
(tunggal), taszniyah (dua), jamak’ (lebih dari dua), serta memandang pada
mudzakar (laki-laki), mu’annats (perempua), ghoib (yang dibicarakan laki-laki),
ghoibah (yang dibicarakan perempuan), mukhotob (yang diajak bicara laki-laki),
mukhotob (yang diajak bicara laki-laki, mukhotobah (yang diajak bicara
perempuan) dan mutakalim (yang dibicara)
2.
Tashrif lughowi bina’ shohih
وَمَاضٍ اَوْمُضَارِعٍ تَصَرَّفَا # لأَِوْجُهٍ كَاْلأَمْرِ
وَالنَّهْيِ اعْرِفَا
ثَلاَثَةٌ لِغَائِبٍ كَالْغَائِبَةْ # كَذَا مُخَاطَبٌ
وَكَالْمُخَاطَبَةْ
وَمُتَكَلِّمٌ لَهُ اَثْنَانِ هُمَا
# فِى غَيْرِ أَمْرٍ ثُمَّ نَهْيٍ
عُلِمَا
a.
Tashrif lughowi fi’il madli mabni
ma’lum dan mabni majhul
Fi’il madli, baik mabni ma’lum maupun majhul,
bisa ditashrif secara lughowi menjadi 14 bentuk, yaitu:
1)
3 Ghoib
فَعَلَ فُعِلَ هُوَ : مُفْرَدٌ
فَعَلاَ فُعِلاَ هُمَا : تَثْنِيَّةٌ
فَعَلُو فُعِلُو هُمْ : جَمْعٌ
2)
3 Ghoibah
فَعَلَتْ فُعِلَتْ هُيَ : مُفْرَدُ
فَعَلَتَا فُعِلَتَا هُمَا : تَثْنِيَّةٌ
فَعَلْنَ فُعِلْنَ هُنَ : جَمْعٌ
3)
3 Mukhotob
فَعَلْتَ فُعِلْتَ اَنْتَ : مُفْرَدٌ
فَعَلْتُمَا فُعِلْتُمَا اَنْتُمَا : تَثْنِيَّةٌ
فَعَلْتُمْ فُعِلْتُمْ اَنْتُمْ : جَمْعٌ
4)
3 Mukhotobah
فَعَلْتِ فُعِلْتِ اَنْتِ : مُفْرَدٌ
فَعَلْتُمَا فُعِلْتُمَا اَنْتُمَا : تَثْنِيَّةٌ
فَعَلْتُنَّ فُعِلْتُنَّ اَنْتُنَّ : جَمْعٌ
5)
2 Mutakalim
فَعَلْتُ فُعِلْتُ اَنَا : مُفْرَدٌ
فَعَلْنَا فُعِلْنَا نَحْنُ : تَثْنِيَّةٌ / جَمْعٌ
b.
Tashrif lughowi fi’il mudlori’
mabni maklum dan mabni majhul
Fi’il mudlori’, baik mabni ma’lum maupun
majhul, bisa ditashrif secara lughowi menjadi 14 bentuk, yaitu:
1)
3 Ghoib
يَفْعُلُ يُفْعَلُ
يَفْعُلاَنِ يُفْعَلاَنِ
يَفْعُلُوْنَ يُفْعَلُوْنَ
2)
3 Ghoibah
تَفْعُلُ تُفْعَلُ
تَفْعُلاَنِ تُفْعَلاَنِ
يَفْعُلْنَ يُفْعَلْنَ
3)
3 Mukhotob
تَفْعُلُ تُفْعَلُ
تَفْعُلاَنِ تُفْعَلاَنِ
تَفْعُلُوْنَ تُفْعَلُوْنَ
4)
3 Mukhotobah
تَفْعُلِيْنَ تُفْعَلِيْنَ
تَفْعُلاَنِ تُفْعَلاَنِ
تَفْعُلْنَ تُفْعَلْنَ
5)
2 Mutakalim
اَفْعُلُ اُفْعَلُ
نَفْعُلُ نُفْعَلُ
c.
Tashrif lughowi fi’il amar dan
fi’il nahi
Pada fi’il amar dan fi’il nahi karena huruf
akhir dijazemkan, maka membuang nun kecuali nun jama’ niswah. Jika akhir fi’il
berupa huruf shohih dan tidak bertemu dengan dlomir alif, wawu dan ya’, maka
tanda jazemnya dengan sukun.
Contoh:لاَيَنْصُرَا، لاَيَنْصُرُوْا،
لِيَضْرِبَا، لِيَضْرِبُوْا، لِيَضْرِبِي، لاَتَنْصُرِي
Fi’il amar dan fi’il nahi yang bertemu nun
jama’ niswah hukumnya mabni sukun. Contoh:
لاَيَنْصُرْنَ، لِيَنْصُرْنَ
Fi’il amar dan fi’il nahi yang berbentuk
takalum tidak ada karena perintah/mencegah pada diri sendiri itu tidak mungkin.
fi’il amar dan fi’il nahi, baik mabni fa’il
maupun mabni maf’ul, bisa ditashrif menjadi 12 bentuk, yaitu:
1)
3 Ghoib
لِيَنْصُرْ لِيُنْصَرْ لاَ
يَنْصُرْ لاَ يُنْصَرْ
لِيَنْصُرَا لِيُنْصَرَا لاَ
يَنْصُرَا لاَ يُنْصَرَا
لِيَنْصُرُوا لِيُنْصَرُوا لاَ
يَنْصُرُوا لاَ يُنْصَرُوا
2)
3 Ghoibah
لِتَنْصُرْ لِتُنْصَرْ لاَ
تَنْصُرْ لاَ تُنْصَرْ
لِتَنْصُرَا لِتُنْصَرَا لاَ
تَنْصُرَا لاَ تُنْصَرَا
لِيَنْصُرْنَ لِيُنْصَرْنَ لاَ
يَنْصُرْنَ لاَ يُنْصَرْنَ
3)
3 Mukhotob
لِتَنْصُرْ لِتُنْصَرْ لاَ
تَنْصُرْ لاَ تُنْصَرْ
لِتَنْصُرَا لِتُنْصَرَا لاَ
تَنْصُرَا لاَ تُنْصَرَا
لِتَنْصُرُوا لِتُنْصَرُوا لاَ
تَنْصُرُوا لاَ تُنْصَرُوا
4)
3 Mukhotobah
لِتَنْصُرِي لِتُنْصَرِي لاَ تَنْصُرِي لاَ تُنْصَرِي
لِتَنْصُرَا لِتُنْصَرَا لاَ
تَنْصُرَا لاَ تُنْصَرَا
لِتَنْصُرْنَ لِتُنْصَرْنَ لاَ
تَنْصُرْنَ لاَ تُنْصَرْنَ
3.
Tashrif lughowi isim fa’il dan
fi’il ghoiru tsulatsi
لِعَشْرَةٍ يُصَرَّفُ اسْمُ الْفَاعِلِ # فَعَلَةٍ وَفَاعِلَيْنِ
فَاعِلِ
وَفَاعِلِيْنِ فُعَّلٍ فُعَّالِ # وَفِيْهِمَا اضْمُمْ فَاوَشُدَّ
التَّالِى
فَاعِلَةٍ فَاعِلَتَيْنِ فَاعِلاَ # تٍ وَفَوَاعِلَ كَمَا قَدْ نُقِلاَ
Isim fa’il yang
tercetak dari f’il tsulatsi mujarrod dapat ditashrif menjadi 10 bentuk, yaitu:
6 berbentuk mudzakar dan 4 berbentuk mu’annats.
a.
6 mudzakar
فَاعِلٌ > هُوَ، اَنْتَ، اَنَا > مُفْرَدٌ مُذَكَّرٌ > نَاصِرٌ
فَاعِلاَنِ > هُمَا، اَنْتُمَا، نَحْنُ > تَثْنِيَّةٌ
مُذَكَّرٌ > نَاصِرَانِ
فَاعِلُوْنَ > هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ > جَمْعٌ
مُذَكَّرٌ > نَاصِرُوْنَ
فُعَّالٌ > هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ > جَمْعُ تَكْسِيْرٍ > نُصَّارٌ
فُعَّلٌ > هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ > جَمْعُ
تَكْسِيْرٍ > نُصَّرٌ
فَعَلَةٌ > هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ > جَمْعُ
تَكْسِيْرٍ > نَصَرَةٌ
b.
4 mu’annats
فَاعِلَةٌ > هِيَ، اَنْتِ، اَنَا > مُفْرَدٌ مُؤَنَّثٌ > نَاصِرَةٌ
فَاعِلَتَانِ > هُمَا،
اَنْتُمَا، نَحْنُ > تَثْنِيَّةٌ م مُؤَنَّثٌ > نَاصِرَتَانِ
فَاعِلاَتٌ > هُنَّ، اَنْتُنَّ، نَحْنُ > جَمْعٌ
مُؤَنَّثٌ > نَاصِرَاتٌ
فَوَاعلُ > هُنَّ، اَنْتُنَّ، نَحْنُ >صِيْغَةُ مُنْتَهَى الْجُمُوعِ> نَوَاصِرُ
Catatan:
Jama’ taksir adalah
kalimah yang menunjukkan arti lebih dari dua dengan merubah dari bentuk
mufrodnya, bisa dengan menambah atau mengurangi huruf. Contoh:
اَسَدٌ > اُسُدٌ ، غَازٍ > غُزًى
Wazan jama’ taksir
Jama’ taksir
mempunyai wazan yang sangat banyak. Sebagian ulama’ muta-akhirin mengatakan
kebanyakan jama’ taksir hukumnya sima’i, namun ada pula yang diqiyasi (bisa dijadikan
pedoman).
Shighot muntahal
jumu’ adalah shighot jama’ taksir, dimana setelah alif jama’ taksir terdapat
dua huruf atau tiga huruf, yang tengah mati. Contoh: دَنَانِيْرُ، دَرَاهِمُ
4.
Tashrif lughowi isim maf’ul dan
fi’il tsulatsi
a.
Tashrif lughowi isim maf’ul dari
fi’il tsulatsi
ثُمَّ اسْمُ مَفْعُوْلٍ لِسَبْعٍ يَأْتِى # مَفْعُوْلَةٍ وَثَنٍّ
مَفْعُوْلاَتِ
كَذَاكَ مَفْعُوْلٌ مُثَنَّاهُ وَمَفْـ # ـعُوْلُوْنَ ثُمَّ جَمْعُ تَكْسِيْرٍ يُضَفْ
Isim maf’ul yang tercetak dari fi’il tsulatsi
mujarrod kebanyakan mengikuti wazan مَفْعُوْلٌ. Contoh: مَنْصُوْرٌ
Isim maf’ul yang tercetak dari fi’il tsulatsi
mujarrod dapat ditashrif menjadi 7 bentuk, yaitu: 4 berbentuk mudzakar dan 3
berbentuk mu’annats.
a.
4 mudzakar
مَفْعُوْلٌ > هُوَ، اَنْتَ،
اَنَا > مُفْرَدٌ >> مَنْصُوْرٌ
مَفْعُوْلاَنِ > هُمَا،
اَنْتُمَا، نَحْنُ > تَثْنِيَّةٌ >> مَنْصُوْرَانِ
مَفْعُوْلُوْنَ > هُمْ، اَنْتُمْ،
نَحْنُ > جَمْعٌ >> مَنْصُوْرُوْنَ
مَفَاعِيْلُ > هُمْ، اَنْتُمْ،
نَحْنُ > جَمْعُ >> مَنَاصِيْرُ
b.
3 mu’annats
مَفْعُوْلَةٌ > هُوَ، اَنْتَ،
اَنَا > مُفْرَدٌ >> مَنْصُوْرَةٌ
مَفْعُوْلَتَانِ > هُمَا،
اَنْتُمَا، نَحْنُ > تَثْنِيَّةٌ >> مَنْصُوْرَتَانِ
مَفْعُوْلاَتٌ > هُمْ، اَنْتُمْ،
نَحْنُ > جَمْعٌ >> مَنْصُوْرَاتٌ
b.
Tashrif lughowi isim fa’il dan
isim maf’ul dari fi’il ghoiru tsulatsi mujarrod
Isim fa’il dan isim maf’ul yang tercetak dari
dari fi’il tsulatsi mazid atau fi’il ruba’i mujarrod atau mazid sama dengan
wazan mudlori’nya, hanya saja huruf mudloro’ahnya diganti dengan huruf mim
dibaca dlommah. Jika huruf sebelum akhir dibaca kasroh maka menjadi isim fa’il
dan jika huruf sebelum akhir dibaca fathah maka menjadi isim maf’ul.
Isim fa’il dan isim maf’ul yang tercetak dari
dari fi’il tsulatsi mazid atau fi’il ruba’i mujarrod atau mazid dapat ditashrif
menjadi 6 bentuk, yaitu: 3 berbentuk mudzakar dan 3 berbentuk mu’annats.
Contoh:
ثُلاَثِيٌ مَزِيْدٌ > وَاصَلَ يُوَاصِلُ مُوَاصِلٌ مُوَاصَلٌ
رُبَاعِيٌ مُجَرَدٌ > فَعْلَلَ يُفَعْلِلُ مُفَعْلِلٌ مُفَعْلَلٌ
رُبَاعِيٌ مُلْحَقٌ > فَوعَلَ يُفَوْعِلُ مُفَوْعِلٌ مُفَوْعَلٌ
a.
3 mudzakar
مُوَاصِلٌ ، مُوَاصَلٌ
مُوَاصِلاَنِ ، مُوَاصَلاَنِ
مُوَاصِلُوْنَ ، مُوَاصَلُوْنَ
b.
3 mu’annats
مُوَاصِلَةٌ ، مُوَاصَلَةٌ
مُوَاصِلَتَانِ ، مُوَاصَلَتَانِ
مُوَاصِلاَتٌ ، مُوَاصَلاَتٌ
B.
Nun Taukid
وَتَلْحَقُ الْفِعْلُ اَيِ الْمُسْتَقْبَلاَ # نُوْنَانِ
لِلتَّوْكِيْدِ قُسِّمَا اِلَى خَفِيْفَةٍ سَاكِنَةٍ مِثْلِ اضْرِبَنْ
كَذَا اِلَى ثَقِيْلَةٍ كَالْيُسْجَنَنَّ # هَذِهِ مَفْتُوْحَةٌ فِى
غَيْرِ مَا حُصَّتْ بِهِ كَسْرُهَا فِيْهِ الْزَمَا
وَذَاكَ فِعْلُ اثْنَيْنِ وَالنِّسْوَانِ # كَقَوْلِكَ اذْهَبَانِّ
وَاذْهَبْنَانِّ
وَبَعْدَ نُوْنِ الْجَمْعِ لِلإِْنَاثِ # بِاَلْفِ جِيْئَ فَاصِلَ
الثَّلاَثِ [1]
1.
Pengertian nun taukid
Nun taukid adalah nun yang berfungsi untuk meyakinkan, yang
masuk pada fi’il yang berzaman mustaqbal (masa yang akan datang)
2.
Pembagian nun taukid
Nun taukid terbagi
menjadi 2, yaitu:
a.
Nun taukid khofifah, yaitu nun
taukid yang disukun. Contoh: يَنْصُرَنْ
b.
Nun taukid tsaqilah, yaitu nun
bertasydid yang berharokat fathah, selain yang berada setelah alif tasniyah dan
alif fashilah. Jika nun taukid tsaqilah berada setelah alif tasnian dan alif
fashilah, maka nun taukid wajib dibaca kasroh. Contoh:
يَنْصُرَنَّ، يَنْصُرَانِّ،
يَنْصُرْنَانِّ
3.
Hukum-hukum bacaan kalimah yang
bertemu dengan nun taukid
a.
Fi’il mudlori’ ketika bertemu
dengan nun taukid khofifah dimabnikan fathah. Contoh:
يَنْصُرَنْ / يَنْصُرَنَّ، يَغْزُوَنْ
/ يَغْزُوَنَّ
b.
Jika sebelum nun taukid tsaqilah
berupa alif tasniyah, wawu jama’ atau ya’ mu’annats mukhottobah, maka fi’il mudlori
dihukumi mu’rob dengan adanya huruf nun yang dibuang. Alif tasniyah tidak boleh
dibuang, namun dlomir wawu dan ya’ dibuang. Contoh:
يَنْصُرَانِ + نَّ > يَنْصُرَانَّ > يَنْصُرَانِّ
تَنْصُرَانِ + نَّ > تَنْصُرَانَّ > تَنْصُرَانِّ
يَنْصُرُونَ + نَّ > يَنْصُرُوْنَّ > يَنْصُرُنَّ
تَنْصُرُونَ + نَّ > تَنْصُرُوْنَّ > تَنْصُرُنَّ
تَنْصُرِينَ + نَّ > تَنْصُرِيْنَّ > تَنْصُرِنَّ
وَنُوْنَ تَوْكِيْدٍ بِالأَمرْ ِالنَّهْيِ صِلْ # وَذَاتَ خِفٍّ مَعَ سُكُوْنٍ لاَتَصِلْ
c.
Fi’il mudlori’, baik tsulatsi
maupun ruba’i, mujarrod atau mazid yang ketemu dengan nun taukid tsaqilah dapat
ditashrif menjadi 14 bentuk, yaitu:
1)
3 ghoib
2)
3 ghoibah
3)
3 mukhothob
4)
3 mukhothobah
5)
2 mutakalim
d.
Jika fi’il mudlori’ bertemu nun
taukid khofifah hanya bisa ditashrif menjadi 8 bentuk, yaitu:
1)
2 ghoib
2)
1 ghoibah
3)
2 mukhothob
4)
1 mukhothobah
5)
2 mutakalim
Hanya bisa ditashrif
menjadi 8 bentuk karena nun taukid khofifah tidak bisa jatuh setelah alif
tatsniyah dan alif fashilah karena menimbulkan
berkumpulnya 2 huruf yang mati yag dilarang. Contoh: يَنْصُرْنَانْ، يَنْصُرَانِ نْ
e.
Nun taukid khofifah atau tsaqilah
yang masuk pada fi’il amar dan fi’il nahi hukumnya sama ketika masuk pada fi’il
mudlori’, hanya saja pada fi’il amar mendatangkan lam amar dan pada fi’il nahi
mendatangka laa (لا).
f.
Pada fi’il amar dan fi’il nahi
yang bertemu dengan nun taukid khofifah hanya bisa ditashrif menjadi 6 bentuk,
yaitu:
g.
Fi’il amar dan fi’il nahi yang
bertemu nun taukid tsaqilah bisa ditashrif menjadi 12 bentuk, yaitu:
1)
3 hoib
2)
3 ghoibah
3)
3 mukhothob
4)
3 mukhothobah
SUMBER
Ahmad
Mutthohirin Abdurrohman, Al Murroqi. Al-Maufud. Toha Putra Semarang:
Agustsu 1959M. Abdul Manaf Hamid, Haji. Pengantar Ilmu Shorof Istilahi-Lughowi. Fasthul Mubtadiin. Nganjuk: Revisi 1995
Muhammad Ma'sum bin Ali, Syaikh. Amtsilah Tashrifiyah. Salim Nabhan. Blogger adalah alat penerbitan blog gratis dari Google untuk memudahkan Anda bertukar pikiran dengan dunia. Blogger membuat Anda mudah mengirim teks, foto dan video ke blog pribadi atau tim Anda.Surabaya: 1965
'Ali bin Utsman, Syaikh. Talkhisul Asaas. Toha Putra. Semarang
Ibrohim Bajuri, Syaikh. Fathul Khobir AL-Lathif. Surabaya
Ali Hasan Ali bin Hisyam Kaylani, Syaikh. Kailani 'Izzi. Indonesia
Muhammad 'Ali, Syekh. Hullul Ma'qud Min Nadzmil Maqshud. Indonesia
DISUSUN OLEH:
Sarwono, dkk. PBA Madin INSURI Ponorogo
Tweet
Artikel Terkait
- Fi’il Tsulatsy Mujarrad dan ruang lingkupnya
- Fi’il Tsulatsy Mazid dan ruang lingkupnya
- Fi’il Ruba’i Mujarrod dan Mulhaq serta ruang lingkupnya
- Fi’il Ruba’i Mazid dan ruang lingkupnya
- Masdardan Lafadz Yang Mustaq Dari Masdar
- Fi’il Madli mabni ma’lum dan majhul, dan Hamzah washol serta ruang lingkupnya
- Bentuk Fi’il Mudlori’ mabni ma’lum dan majhul
- Bentuk Fiil Amar Hadlir, Isim Fail, Sifat Musabbahat, Isim Maf’ul dan Isim Mubalaghoh
lanjut Akhi, artikelnya sangat membantu
BalasHapus