Tuesday, February 26, 2013

Tashrif lughowi dan lafadz bina' shohih


Sobat khoir, sebelumnya kami telah posting artikel tentang Ilmu Shorof, yaitu Bentuk Fiil Amar Hadlir, Isim Fail, SifatMusabbahat, Isim Maf’ul dan Isim Mubalaghoh. Berikut ini ilmu sorof. Bab Kesembilan yaitu Tashrif lughowidan lafadz bina' shohih. Harapan kami semoga bab ini dapat mempermudah pemahaman kami dan juga bagi pembaca semua. Namun sebelumnya kami mohon maaf bila dalam penyusunannya masih terdapat banyak kekurangan, karena kami juga masih dalam tahap belajar. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun senantiasa kami harapkan.
PEMBAHASAN
A.      Tashrif lughawi
1.       Pengertian tashrif lughowi
Pada dasarnya tashrif lughowi artinya mutlaqnya perubahan. Namun yang dimaksud disini ialah perubahan bentuk kalimah satu kebentuk kalimah lain memandang pada mufrod (tunggal), taszniyah (dua), jamak’ (lebih dari dua), serta memandang pada mudzakar (laki-laki), mu’annats (perempua), ghoib (yang dibicarakan laki-laki), ghoibah (yang dibicarakan perempuan), mukhotob (yang diajak bicara laki-laki), mukhotob (yang diajak bicara laki-laki, mukhotobah (yang diajak bicara perempuan) dan mutakalim (yang dibicara)
2.       Tashrif lughowi bina’ shohih
وَمَاضٍ اَوْمُضَارِعٍ تَصَرَّفَا # لأَِوْجُهٍ كَاْلأَمْرِ وَالنَّهْيِ اعْرِفَا
ثَلاَثَةٌ لِغَائِبٍ كَالْغَائِبَةْ # كَذَا مُخَاطَبٌ وَكَالْمُخَاطَبَةْ
وَمُتَكَلِّمٌ لَهُ اَثْنَانِ هُمَا  #  فِى غَيْرِ أَمْرٍ ثُمَّ نَهْيٍ عُلِمَا
a.       Tashrif lughowi fi’il madli mabni ma’lum dan mabni majhul
Fi’il madli, baik mabni ma’lum maupun majhul, bisa ditashrif secara lughowi menjadi 14 bentuk, yaitu:
1)      3 Ghoib
فَعَلَ    فُعِلَ    هُوَ     : مُفْرَدٌ
فَعَلاَ    فُعِلاَ    هُمَا     : تَثْنِيَّةٌ
فَعَلُو    فُعِلُو    هُمْ     : جَمْعٌ
2)      3 Ghoibah
فَعَلَتْ  فُعِلَتْ  هُيَ     : مُفْرَدُ
فَعَلَتَا    فُعِلَتَا    هُمَا     : تَثْنِيَّةٌ
فَعَلْنَ   فُعِلْنَ   هُنَ     : جَمْعٌ
3)      3 Mukhotob
فَعَلْتَ  فُعِلْتَ  اَنْتَ    : مُفْرَدٌ
فَعَلْتُمَا  فُعِلْتُمَا  اَنْتُمَا    : تَثْنِيَّةٌ
فَعَلْتُمْ   فُعِلْتُمْ   اَنْتُمْ    : جَمْعٌ
4)      3 Mukhotobah
فَعَلْتِ  فُعِلْتِ  اَنْتِ    : مُفْرَدٌ
فَعَلْتُمَا  فُعِلْتُمَا  اَنْتُمَا    : تَثْنِيَّةٌ
فَعَلْتُنَّ   فُعِلْتُنَّ   اَنْتُنَّ    : جَمْعٌ
5)      2 Mutakalim
فَعَلْتُ  فُعِلْتُ  اَنَا      : مُفْرَدٌ
فَعَلْنَا    فُعِلْنَا    نَحْنُ    : تَثْنِيَّةٌ / جَمْعٌ
b.      Tashrif lughowi fi’il mudlori’ mabni maklum dan mabni majhul
Fi’il mudlori’, baik mabni ma’lum maupun majhul, bisa ditashrif secara lughowi menjadi 14 bentuk, yaitu:
1)      3 Ghoib
يَفْعُلُ           يُفْعَلُ  
يَفْعُلاَنِ         يُفْعَلاَنِ
يَفْعُلُوْنَ         يُفْعَلُوْنَ
2)      3 Ghoibah
تَفْعُلُ           تُفْعَلُ  
تَفْعُلاَنِ         تُفْعَلاَنِ
يَفْعُلْنَ          يُفْعَلْنَ
3)      3 Mukhotob
تَفْعُلُ           تُفْعَلُ  
تَفْعُلاَنِ         تُفْعَلاَنِ
تَفْعُلُوْنَ         تُفْعَلُوْنَ
4)      3 Mukhotobah

تَفْعُلِيْنَ          تُفْعَلِيْنَ 
تَفْعُلاَنِ         تُفْعَلاَنِ
تَفْعُلْنَ          تُفْعَلْنَ
5)      2 Mutakalim
اَفْعُلُ           اُفْعَلُ
نَفْعُلُ           نُفْعَلُ
c.       Tashrif lughowi fi’il amar dan fi’il nahi
Pada fi’il amar dan fi’il nahi karena huruf akhir dijazemkan, maka membuang nun kecuali nun jama’ niswah. Jika akhir fi’il berupa huruf shohih dan tidak bertemu dengan dlomir alif, wawu dan ya’, maka tanda jazemnya dengan sukun.
Contoh:لاَيَنْصُرَا، لاَيَنْصُرُوْا، لِيَضْرِبَا، لِيَضْرِبُوْا، لِيَضْرِبِي، لاَتَنْصُرِي
Fi’il amar dan fi’il nahi yang bertemu nun jama’ niswah hukumnya mabni sukun. Contoh: لاَيَنْصُرْنَ، لِيَنْصُرْنَ
Fi’il amar dan fi’il nahi yang berbentuk takalum tidak ada karena perintah/mencegah pada diri sendiri itu tidak mungkin.
fi’il amar dan fi’il nahi, baik mabni fa’il maupun mabni maf’ul, bisa ditashrif menjadi 12 bentuk, yaitu:
1)      3 Ghoib
لِيَنْصُرْ          لِيُنْصَرْ          لاَ يَنْصُرْ                لاَ يُنْصَرْ
لِيَنْصُرَا          لِيُنْصَرَا          لاَ يَنْصُرَا        لاَ يُنْصَرَا
لِيَنْصُرُوا         لِيُنْصَرُوا         لاَ يَنْصُرُوا       لاَ يُنْصَرُوا
2)      3 Ghoibah
لِتَنْصُرْ          لِتُنْصَرْ          لاَ تَنْصُرْ                لاَ تُنْصَرْ
لِتَنْصُرَا          لِتُنْصَرَا          لاَ تَنْصُرَا        لاَ تُنْصَرَا
لِيَنْصُرْنَ         لِيُنْصَرْنَ         لاَ يَنْصُرْنَ       لاَ يُنْصَرْنَ
3)      3 Mukhotob
لِتَنْصُرْ          لِتُنْصَرْ          لاَ تَنْصُرْ                لاَ تُنْصَرْ
لِتَنْصُرَا          لِتُنْصَرَا          لاَ تَنْصُرَا        لاَ تُنْصَرَا
لِتَنْصُرُوا         لِتُنْصَرُوا         لاَ تَنْصُرُوا       لاَ تُنْصَرُوا      
4)      3 Mukhotobah
لِتَنْصُرِي لِتُنْصَرِي لاَ تَنْصُرِي      لاَ تُنْصَرِي
لِتَنْصُرَا          لِتُنْصَرَا          لاَ تَنْصُرَا        لاَ تُنْصَرَا
لِتَنْصُرْنَ         لِتُنْصَرْنَ         لاَ تَنْصُرْنَ       لاَ تُنْصَرْنَ
3.       Tashrif lughowi isim fa’il dan fi’il ghoiru tsulatsi
لِعَشْرَةٍ يُصَرَّفُ اسْمُ الْفَاعِلِ # فَعَلَةٍ وَفَاعِلَيْنِ فَاعِلِ
وَفَاعِلِيْنِ فُعَّلٍ فُعَّالِ # وَفِيْهِمَا اضْمُمْ فَاوَشُدَّ التَّالِى
فَاعِلَةٍ فَاعِلَتَيْنِ فَاعِلاَ # تٍ وَفَوَاعِلَ كَمَا قَدْ نُقِلاَ
Isim fa’il yang tercetak dari f’il tsulatsi mujarrod dapat ditashrif menjadi 10 bentuk, yaitu: 6 berbentuk mudzakar dan 4 berbentuk mu’annats.
a.       6 mudzakar
فَاعِلٌ           >     هُوَ، اَنْتَ، اَنَا           >     مُفْرَدٌ مُذَكَّرٌ     >     نَاصِرٌ
فَاعِلاَنِ                 >     هُمَا، اَنْتُمَا، نَحْنُ >     تَثْنِيَّةٌ مُذَكَّرٌ      >     نَاصِرَانِ
فَاعِلُوْنَ         >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعٌ مُذَكَّرٌ      >     نَاصِرُوْنَ
فُعَّالٌ           >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعُ تَكْسِيْرٍ     >     نُصَّارٌ
فُعَّلٌ            >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعُ تَكْسِيْرٍ     >     نُصَّرٌ
فَعَلَةٌ            >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعُ تَكْسِيْرٍ     >     نَصَرَةٌ
b.      4 mu’annats
فَاعِلَةٌ           >     هِيَ، اَنْتِ، اَنَا          >     مُفْرَدٌ مُؤَنَّثٌ     >     نَاصِرَةٌ
فَاعِلَتَانِ         >     هُمَا، اَنْتُمَا، نَحْنُ >     تَثْنِيَّةٌ م مُؤَنَّثٌ   >     نَاصِرَتَانِ
فَاعِلاَتٌ                >     هُنَّ، اَنْتُنَّ، نَحْنُ         >     جَمْعٌ مُؤَنَّثٌ      >     نَاصِرَاتٌ
فَوَاعلُ         >     هُنَّ، اَنْتُنَّ، نَحْنُ         >صِيْغَةُ مُنْتَهَى الْجُمُوعِ>      نَوَاصِرُ
Catatan:
Jama’ taksir adalah kalimah yang menunjukkan arti lebih dari dua dengan merubah dari bentuk mufrodnya, bisa dengan menambah atau mengurangi huruf. Contoh:
اَسَدٌ > اُسُدٌ ، غَازٍ > غُزًى
Wazan jama’ taksir
Jama’ taksir mempunyai wazan yang sangat banyak. Sebagian ulama’ muta-akhirin mengatakan kebanyakan jama’ taksir hukumnya sima’i, namun ada pula yang diqiyasi (bisa dijadikan pedoman).
Shighot muntahal jumu’ adalah shighot jama’ taksir, dimana setelah alif jama’ taksir terdapat dua huruf atau tiga huruf, yang tengah mati. Contoh: دَنَانِيْرُ، دَرَاهِمُ
4.       Tashrif lughowi isim maf’ul dan fi’il tsulatsi
a.       Tashrif lughowi isim maf’ul dari fi’il tsulatsi
ثُمَّ اسْمُ مَفْعُوْلٍ لِسَبْعٍ يَأْتِى # مَفْعُوْلَةٍ وَثَنٍّ مَفْعُوْلاَتِ
كَذَاكَ مَفْعُوْلٌ مُثَنَّاهُ وَمَفْـ #  ـعُوْلُوْنَ ثُمَّ جَمْعُ تَكْسِيْرٍ يُضَفْ
Isim maf’ul yang tercetak dari fi’il tsulatsi mujarrod kebanyakan mengikuti wazan مَفْعُوْلٌ. Contoh: مَنْصُوْرٌ
Isim maf’ul yang tercetak dari fi’il tsulatsi mujarrod dapat ditashrif menjadi 7 bentuk, yaitu: 4 berbentuk mudzakar dan 3 berbentuk mu’annats.
a.       4 mudzakar
مَفْعُوْلٌ          >     هُوَ، اَنْتَ، اَنَا           >     مُفْرَدٌ    >>   مَنْصُوْرٌ
مَفْعُوْلاَنِ        >     هُمَا، اَنْتُمَا، نَحْنُ >     تَثْنِيَّةٌ    >>   مَنْصُوْرَانِ
مَفْعُوْلُوْنَ        >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعٌ    >>   مَنْصُوْرُوْنَ
مَفَاعِيْلُ         >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعُ    >>   مَنَاصِيْرُ
b.      3 mu’annats
مَفْعُوْلَةٌ          >     هُوَ، اَنْتَ، اَنَا           >     مُفْرَدٌ    >>   مَنْصُوْرَةٌ
مَفْعُوْلَتَانِ        >     هُمَا، اَنْتُمَا، نَحْنُ >     تَثْنِيَّةٌ    >>   مَنْصُوْرَتَانِ
مَفْعُوْلاَتٌ       >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعٌ    >>   مَنْصُوْرَاتٌ
b.      Tashrif lughowi isim fa’il dan isim maf’ul dari fi’il ghoiru tsulatsi mujarrod
Isim fa’il dan isim maf’ul yang tercetak dari dari fi’il tsulatsi mazid atau fi’il ruba’i mujarrod atau mazid sama dengan wazan mudlori’nya, hanya saja huruf mudloro’ahnya diganti dengan huruf mim dibaca dlommah. Jika huruf sebelum akhir dibaca kasroh maka menjadi isim fa’il dan jika huruf sebelum akhir dibaca fathah maka menjadi isim maf’ul.
Isim fa’il dan isim maf’ul yang tercetak dari dari fi’il tsulatsi mazid atau fi’il ruba’i mujarrod atau mazid dapat ditashrif menjadi 6 bentuk, yaitu: 3 berbentuk mudzakar dan 3 berbentuk mu’annats. Contoh:
ثُلاَثِيٌ مَزِيْدٌ      >     وَاصَلَ          يُوَاصِلُ         مُوَاصِلٌ         مُوَاصَلٌ
رُبَاعِيٌ مُجَرَدٌ     >     فَعْلَلَ           يُفَعْلِلُ          مُفَعْلِلٌ          مُفَعْلَلٌ
رُبَاعِيٌ مُلْحَقٌ   >     فَوعَلَ           يُفَوْعِلُ          مُفَوْعِلٌ         مُفَوْعَلٌ
a.       3 mudzakar
مُوَاصِلٌ         ،       مُوَاصَلٌ
مُوَاصِلاَنِ       ،       مُوَاصَلاَنِ
مُوَاصِلُوْنَ       ،       مُوَاصَلُوْنَ
b.      3 mu’annats
مُوَاصِلَةٌ         ،       مُوَاصَلَةٌ
مُوَاصِلَتَانِ       ،       مُوَاصَلَتَانِ
مُوَاصِلاَتٌ      ،       مُوَاصَلاَتٌ
B.      Nun Taukid
وَتَلْحَقُ الْفِعْلُ اَيِ الْمُسْتَقْبَلاَ # نُوْنَانِ لِلتَّوْكِيْدِ قُسِّمَا اِلَى خَفِيْفَةٍ سَاكِنَةٍ مِثْلِ اضْرِبَنْ
كَذَا اِلَى ثَقِيْلَةٍ كَالْيُسْجَنَنَّ # هَذِهِ مَفْتُوْحَةٌ فِى غَيْرِ مَا حُصَّتْ بِهِ كَسْرُهَا فِيْهِ الْزَمَا
وَذَاكَ فِعْلُ اثْنَيْنِ وَالنِّسْوَانِ # كَقَوْلِكَ اذْهَبَانِّ وَاذْهَبْنَانِّ
وَبَعْدَ نُوْنِ الْجَمْعِ لِلإِْنَاثِ # بِاَلْفِ جِيْئَ فَاصِلَ الثَّلاَثِ [1]
1.       Pengertian nun taukid
Nun taukid adalah  nun yang berfungsi untuk meyakinkan, yang masuk pada fi’il yang berzaman mustaqbal (masa yang akan datang)
2.       Pembagian nun taukid
Nun taukid terbagi menjadi 2, yaitu:
a.       Nun taukid khofifah, yaitu nun taukid yang disukun. Contoh: يَنْصُرَنْ
b.      Nun taukid tsaqilah, yaitu nun bertasydid yang berharokat fathah, selain yang berada setelah alif tasniyah dan alif fashilah. Jika nun taukid tsaqilah berada setelah alif tasnian dan alif fashilah, maka nun taukid wajib dibaca kasroh. Contoh:
يَنْصُرَنَّ، يَنْصُرَانِّ، يَنْصُرْنَانِّ
3.       Hukum-hukum bacaan kalimah yang bertemu dengan nun taukid
a.       Fi’il mudlori’ ketika bertemu dengan nun taukid khofifah dimabnikan fathah. Contoh:
يَنْصُرَنْ / يَنْصُرَنَّ، يَغْزُوَنْ / يَغْزُوَنَّ
b.      Jika sebelum nun taukid tsaqilah berupa alif tasniyah, wawu jama’ atau ya’ mu’annats mukhottobah, maka fi’il mudlori dihukumi mu’rob dengan adanya huruf nun yang dibuang. Alif tasniyah tidak boleh dibuang, namun dlomir wawu dan ya’ dibuang. Contoh:
يَنْصُرَانِ + نَّ >            يَنْصُرَانَّ > يَنْصُرَانِّ
تَنْصُرَانِ + نَّ >            تَنْصُرَانَّ > تَنْصُرَانِّ
يَنْصُرُونَ + نَّ >           يَنْصُرُوْنَّ > يَنْصُرُنَّ
تَنْصُرُونَ + نَّ >           تَنْصُرُوْنَّ > تَنْصُرُنَّ
تَنْصُرِينَ + نَّ >            تَنْصُرِيْنَّ > تَنْصُرِنَّ
وَنُوْنَ تَوْكِيْدٍ بِالأَمرْ ِالنَّهْيِ صِلْ # وَذَاتَ خِفٍّ مَعَ سُكُوْنٍ  لاَتَصِلْ
c.       Fi’il mudlori’, baik tsulatsi maupun ruba’i, mujarrod atau mazid yang ketemu dengan nun taukid tsaqilah dapat ditashrif menjadi 14 bentuk, yaitu:
1)      3 ghoib
2)      3 ghoibah
3)      3 mukhothob
4)      3 mukhothobah
5)      2 mutakalim
d.      Jika fi’il mudlori’ bertemu nun taukid khofifah hanya bisa ditashrif menjadi 8 bentuk, yaitu:
1)      2 ghoib
2)      1 ghoibah
3)      2 mukhothob
4)      1 mukhothobah
5)      2 mutakalim
Hanya bisa ditashrif menjadi 8 bentuk karena nun taukid khofifah tidak bisa jatuh setelah alif tatsniyah dan alif fashilah karena menimbulkan  berkumpulnya 2 huruf yang mati yag dilarang. Contoh: يَنْصُرْنَانْ، يَنْصُرَانِ نْ
e.      Nun taukid khofifah atau tsaqilah yang masuk pada fi’il amar dan fi’il nahi hukumnya sama ketika masuk pada fi’il mudlori’, hanya saja pada fi’il amar mendatangkan lam amar dan pada fi’il nahi mendatangka laa (لا).
f.        Pada fi’il amar dan fi’il nahi yang bertemu dengan nun taukid khofifah hanya bisa ditashrif menjadi 6 bentuk, yaitu:
g.       Fi’il amar dan fi’il nahi yang bertemu nun taukid tsaqilah bisa ditashrif menjadi 12 bentuk, yaitu:
1)      3 hoib
2)      3 ghoibah
3)      3 mukhothob
4)      3 mukhothobah

SUMBER
Ahmad Mutthohirin Abdurrohman, Al Murroqi. Al-Maufud. Toha Putra Semarang: Agustsu 1959
M. Abdul Manaf Hamid, Haji. Pengantar Ilmu Shorof Istilahi-Lughowi. Fasthul Mubtadiin. Nganjuk: Revisi 1995
Muhammad Ma'sum bin Ali, Syaikh. Amtsilah Tashrifiyah. Salim Nabhan. Blogger adalah alat penerbitan blog gratis dari Google untuk memudahkan Anda bertukar pikiran dengan dunia. Blogger membuat Anda mudah mengirim teks, foto dan video ke blog pribadi atau tim Anda.Surabaya: 1965
'Ali bin Utsman, Syaikh. Talkhisul Asaas. Toha Putra. Semarang
Ibrohim Bajuri, Syaikh. Fathul Khobir AL-Lathif. Surabaya
Ali Hasan Ali bin Hisyam Kaylani, Syaikh. Kailani 'Izzi. Indonesia
Muhammad 'Ali, Syekh. Hullul Ma'qud Min Nadzmil Maqshud. Indonesia
DISUSUN OLEH:
Sarwono, dkk. PBA Madin INSURI Ponorogo
<<= Bab sebelumnya                                                                     Bab selanjutnya =>> Inya Allah

Bila bermanfaat jangan lupa klik!
Artikel Terkait



[1]               Fathul Kobir Al-Lafy, hal 32

No comments:

Post a Comment