Sunday, January 13, 2013

Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di Rumah



Seiring dengan kemajuan tehnologi dan derasnya arus informasi akan menuntut masyarakat menjadi lebih kritis pada satu sisi dan pada satu sisi yang lain kehidupan dan perekonomian yang lebih kompleks. Persaingan bertambah keras, dan terjadi mobilitas dan interaksi yang tinggi antar Negara dan bangsa disertai dengan melimpahnya konsepsi dan produk fisik dari luar. Banyak pekerjaan yang ditangani dengan menggunakan piranti yang canggih, sehingga banyak pula pekerjaan yang berubah secara radikal yang tentunya membutuhkan tidak saja kecakapan berpikir tetapi juga ketrampilan berkarya dan berusaha.
Keluarga mempunyai tanggung jawab penuh atas segala kebutuhan sehari-hari baik sandang, papan, pangan, maupun pendidikan. Untuk mutu pendidikan keluarga pada dasarnya sudah diserahkan sepenuhnya pada sekolah, sehingga tugas orang tua dalam hal kecerdasan atau intelektual anak akan menjadi ringan. Namun demikian tidak serta-merta orang tua tinggal diam akan pertumbuhan kecerdasan anak, sehingga perhatian tetap tercurahkan pada anak terhadap waktu luang di rumah.
Suatu hal yang sangat mendasar adalah mengkaji dan memahami apa yang harus dikerjakan anak saat di rumah selain membantu orag tua. Oleh sebab itu makalah ini akan membahas tentang meningkatkan semangat belajar siswa di rumah.
A.    Rumusan Masalah
1.   Apa pengertian semangat belajar?
2.   Apa pentingnya meningkatkan semangat belajar siswa di rumah?
3.   Bagaimana cara meningkatkan semangat belajar siswa di rumah?
B.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian semangat belajar
2.      Untuk mengetahui pentingnya meningkatkan semangat belajar siswa di rumah
3.      Untuk mengetahui cara meningkatkan semangat belajar siswa di rumah

MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI RUMAH
A.    Pengertian Semangat Belajar
Semangat dalam pengertian yang berkembang di masyarakat sering-kali disamakan dengan motivasi. Oleh karena itu untuk dapat memahami dan mempunyai gambaran yang luas, berikut ini diberikan beberapa pengertian motivasi antara lain adalah:
Menurut McDonald dalam Oemar hamalik, “Motivation is a energy change within the person characterized by affective arousal and anticipatory goal reactions.” Motivasi adalah suatu perubahan energy di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya efektif dan reaksi untuk mencapai tujuan.
Tabrani Rusyan berpendapat, bahwa motivasi merupakan kekuatan yang mendorong seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan.
Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik).[1]
Dari berbagai definisi yang dikemukakan diatas, dapat dikatakan bahwa motivasi adalah kekuatan yang menyebabkan terjadinya perubahan energi dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu yang didorong karena adanya tujuan, kebutuhan atau keinginan.
Dalam pembahasan ini yang dimaksudkan adalah motivasi dalam belajar. Oleh karena itu sebelum menguraikan apa itu motivasi belajar terlebih dahulu diuraikan tentang belajar. Untuk lebih jelas akan dikemukakan beberapa pendapat:
Menurut Sardiman, belajar adalah sebagai rangkaian kegiatan jiwa raga psiko-fisik untuk menuju ke perkembangan pribadi manusia seutuhnya, yang berarti menyangkut unsur cipta, rasa dan karsa ranah kognitif, efektif dan pesikomotorik.
Sumadi Soerya Brata, mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan belajar adalah membawa perubahan yang mana perubahan itu mendapatkan kecakapan baru yang dikarenakan dengan usaha atau disengaja.
Sedangkan pengertian lain, belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru sebagai pengalaman individu itu sendiri.[2]
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah rangkaian kegiatan proses uasha seseorang menuju keperkembangan, pengetahuan dan kecakapan baru.
Sehingga secara keseluruhan dapat didefenisikan motivasi dalam belajar, dengan diambil pengertian bahwa yang dimaksud dengan motivasi belajar adalah suatu daya upaya penggerak atau pembangkit serta mengarahkan semangat seseorang untuk melakukan perbuatan belajar.
B.     Pentingnya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Rumah
Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi anak-anak. Orang tua memiliki peran yang sangat penting sebagai pendidik, pembimbing dan pelindung bagi anak-anaknya sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kepribadiannya.
Abu Ahmadi (2007:108), mengemukakan sebagian besar anak itu menghabiskan seluruh waktunya di dalam unit keluarga, hingga sampai ditaksir menghabiskan ½ waktunya dalam keluarga.
Pengawasan dan bimbingan orang tua di rumah mutlak diperlukan,  karena orang tua dapat mengawasi dan mengetahui segala kekurangan dan kesulitan siswa dalam belajarnya, bimbingan dari orang tua dapat juga berperan sebagai cara untuk peningkatan disiplin terutama pada saat belajar dirumah.[3]
Belajar secara mandiri di rumah dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan oleh bapak atau ibu guru di sekolah, sehingga siswa bisa memperoleh dua keuntungan.[4]
Dari ungkapan tersebut dapat diketahui bahwa rumah merupakan pusat segala urusan seluruh isi keluarga baik orang tua maupun anak. Oleh karena itu orang tua memiliki peluang besar untuk dapat mengawasi dan mengetahui segala kekurangan dan kesulitan siswa dalam belajarnya. Sehingga siswa dapat belajar secara mandiri di rumah, dapat memperkuat pemahaman terhadap materi yang telah diberikan oleh bapak atau ibu guru di sekolah.
Dengan demikian bahwa rumah merupakan pusat kehidupan bagi siswa, oleh karena itu orang tua dapat mengawasi dan mengetahui segala kekurangan dan kesulitan siswa menuju kepemahaman yang lebih kuat.
C.    Cara Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Rumah
Anak merupakan harapan dan kebanggaan dari setiap orang tua sehingga dapat berhasil di sekolah dengan baik. Untuk mewujudkan harapan tersebut orang tua yang bijaksana akan selalu mengikuti perkembangan serta berusaha mengetahui taraf kemampuan yang dimiliki anaknya. Berikut ini gambaran tentang cara meningkatkan semangat belajar siswa di rumah:
Mardanu (1997), mengemukakan bahwa orang tua perlu memberikan kasih sayang dan penghargaan agar dapat membentuk mental yang sehat supaya semangat belajar anak tetap ada. Kasih sayang orang tua dapat diwujudkan dalam bentuk berusaha meluangkan waktunya untuk berdialog, bergurau, berkomunikasi serta dapat memenuhi kebutuhan lainnya selain kebutuhan sekolah.
Hal terpenting adalah memberikan kasih sayang kepada anak. Terkadang anak berbuat baik, orang tua tidak memberikan reward karena hal itu dianggap biasa saja, tapi manakala sianak berbuat tidak baik, maka orang tua memberikan reaksi luar biasa dengan memberikan punisment.[5]
Untuk memotivasi seorang anak adalah dengan menunjukkan kepada mereka bahwa mereka dicintai, tanpa sebab apapun juga, ketika anak merasakan cinta dan dukungan dari orang tua mereka, mereka merasa terlindungi dan termotivasi dalam segala sesuatu yang mereka lakukan.[6]
Jadi kasih sayang, perhatian, ataupun dukungan dalam bentuk ketenangan keluarga, keharmonisan ataupun pemberian reward sangat dibutuhkan siswa. Sehingga siswa dapat merasakan kenyamanan, terlindungi, terayomi dan termotivasi dalam melakukan pembelajaran maupun berkarya.
Setelah melihat uraian diatas dapat dipahami bahwa cara meningkatkan belajar siswa dirumah adalah dengan memberikan kasih sayang, perhatian, dukungan dalam bentuk meluangkan waktu untuk berdialog, bergurau, berkomunikasi serta dapat memenuhi kebutuhan lainnya selain kebutuhan sekolah.
PENUTUP
A.    Simpulan
1.     Motivasi belajar adalah suatu daya upaya penggerak atau pembangkit serta mengarahkan semangat seseorang untuk melakukan perbuatan belajar.
2.     Pentingnya meningkatkan belajar dirumah, karena orang tua dapat mengawasi dan mengetahui segala kekurangan dan kesulitan siswa menuju kepemahaman yang lebih kuat.
3.     Cara meningkatkan belajar siswa dirumah adalah dengan memberikan kasih sayang, perhatian, dukungan dalam bentuk meluangkan waktu untuk berdialog, bergurau, berkomunikasi serta dapat memenuhi kebutuhan lainnya selain kebutuhan sekolah.
B.     Saran
Diharapkan kepada pembaca dapat memahami secara mendalam tentang hal-hal yang berkaitan dengan kajian tentang pengertian semangat belajar, pentingnya meningkatkan semangat belajar siswa di rumah dan cara meningkatkan semangat belajar siswa di rumah. 

DAFTAR PUSTAKA

Oemar Hamalik, Pesikologi Belajar dan Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung, 2004.
Tabrani Rusyan, dkk. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. CV. Remaja Rosdakarya. Bandung. 1989.
Batara Raya Media, Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, (Online), (www.batararayamedia.com), diakses7 Februari 2012.
Sardiman, Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar, Rajawali. 1990.
Suryadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, Rajawali Press Jakarta. 1984.
Mori, Meningkatkan semangat belajar, (Online),  (http://donsogamalielschool.blogspot.com), diakses 12 Februari 2009.
Vicga Higmawati, Pentingnya bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Karangsari 02 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang, (Online), (http://library.um.ac.id), diakses 2011.
Suharijanto Pribadi, Pentingnya belajar, (Online), (http://pencarij.blogspot.com), diakses 10 November 2012.
Mardanu. Peranan Orang Tua dalam Upaya meningkatkan Mutu Pendidikan anak. Cakrawala Pendidikan.  Jakarta: 1997
Fandi, tarakan, Cara meningkatkan minat belajar anak, (Online), (http://fandi4tarakan.wordpress.com),  diakses
Hal yang orang tua dapat lakukan untuk meningkatkan motivasi belajar anak   (Online), (http://motivasibelajarsiswa.blogspot.com), diakses Agustus 2012.

[1]               www.batararayamedia.com (diakses7 Februari 2012).
[2]               http://donsogamalielschool.blogspot.com/2009/02/meningkatkan-semangat-belajar.html (diakses 12 Februari 2009).
[4]               http://pencarij.blogspot.com/2012/11/pentingnya-belajar.html (diakses 10 November 2012)
[5]               http://fandi4tarakan.wordpress.com/2009/12/29/cara-meningkatkan-minat-belajar-anak.html (diakses
[6]               http://motivasibelajarsiswa.blogspot.com/2012/08/kata-kata-semangat-belajar.html (diaksesAgustus 2012)




OLEH:
Sarwono PBA Madin INSURI Ponorogo

No comments:

Post a Comment